SAHABAT KECILKU


Masa – masa saat SMP adalah masa dimana kita mulai mengenal tentang cinta, persahabtan, permusuhan dan saingan. Begitupun dengan sekelompok anak muda desa yang baru beranjak dewasa, mereka dipertemukan di salah satu ruangan yang sangat minimalis bertembok kuning dengan lembaran papan berwarna hitam terpampang jelas di hadapan setiap anak – anak yang duduk di depannya. Didalam ruangan tersebut berkumpul manusia muda yang berasal dari berbagai daerah, berbagai kasta, warna kulit, dan mimpi. Di dalam ruangan itulah semuanya bermula, di ruangan itu pula telah dipertemukannya 4 individu yang berbeda karakter.


Sebut saja dia Ira, seorang gadis tomboy yang selalu ceria tapi terkadang nyebelin sih (Sorry Ira), gw berteman dengan ira sudah sejak duduk di TK, sebenarnya gw lupa sih gimana pertama kenal dia tapi dia inget banget loe kita dulu temenan (miris banget ingatan gw), gw juga gak nyangka bisa satu sekolah dengan dia dan untungnya kita juga satu ruangan di kelas 7.C, kelas dimana semua preman berada di dalamnya ( kecuali gw y ), di antara kita ber-4 hanya ira yang rumahnya dekat dengan Sekolah, dulu dia sering banget nyontek ke gw, meskipun jawaban gw jarang ada yang bener (ha ha ha),  Ella Ira Wati ( nama Lengkapnya ) sering banget bantuin gw saat gw lagi kere alias lagi bokek. Pernah suatu saat gw sebel banget dengan ira Cuma gara-gara dia keluarin sarung gw dan buat mainannya dia sama temen-temennya, di saat itu gw malu banget punya sarung itu, tapi Cuma itu yang gw punya, kebetulan dulu ada acara di sekolah sehingga siswa laki – laki di wajibkan membawa peralatan sholat. Pas sarung itu di keluarin dari dalam tas mungil gw,, tuhaaann.....malu banget gw, sarung bermotif kotak – kotak dengan warna orange yang sudah usang itu di pertontonkan ke banyak orang. Kalau gak salah Cuma itu saja kenangan gw berantem ma dia, satu hal lagi ira itu adalah gadis pertama yang gw pernah kasih hadiah berupa boneka kesayangan gw berbentuk dolpin ( ciaaaahhhh cowok suka ma boneka ). Dan dia juga gadis pertama yang memberi kado di hari ultah gw ( makasih ya ira )

Dari ira kemudian gw kenal dengan gadis yang feminim bgt Cuma jalannya sedikit kaya cowok ( pisssss tin ), Murtini....atau biasa dipanggil Tini, gadis berambut panjang dan paling demen yang namanya nabokin gw, dia juga suka menulis puisi ataupun cerita – cerita pendek hampir bukunya penuh dengan karya dia, hanya sayangnya dia gak mau mempublikasikannya. Tini juga adalah cinta monyet gw dulu, kalau di ingat – ingat bagaimana cara gw nembak dia dulu waktu kelas satu...romantis banget tapi sedikit konyol. Namanya juga masih bocah belum begitu mengenal dengan namanya cinta, pada saat itu hujan turun di pagi hari semua aktifitas mengajar jadi terhambat sehingga smua siswa memilih bermain sembari menunggu guru yang datang, entah datang dari mana pikiran aneh itu tiba – tiba gw membranikan diri untuk menembak tini dengan cara menulis sebuah kalimat  “ I Love You ” pada secarik kertas kecil yang gw masukin kedalam tasnya tanpa sepengetahuannya dia, setelah itu kita ber 4 bermain perahu kertas yang kita hanyutkan di selokan depan kelas, singkat kata singkat cerita dia sudah tau  dan memberikan jawaban dari tulisan gw, malu gak ketulungan saat surat balasan dari dia di baca sama temen – temen satu kelas, rasanya muka gw pengen gw copot dan gw masukin ke kantong plastik, malu banget saat itu, namanya juga masih kecil hal seperti itu dah wajar kali ya ?? bertindak tanpa berfikir.

Dan yang terakhir, gadis mungil yang cantik, manja, imut dan masih polos, inilah dia fitriana (jeng jreeng), aku mau tulis apa ya ?? soalnya dia orangnya ketawa terus sih, hobinya ketawa atau apa mungkin dia sudah agak sedikit gi** ( du du du du, kabuuurrr ), bercanda deh, fitriana ini adalah temen yang baik banget yang paling sering banget gw minjem hp ke dia wat maen game, dengerin musik, atau selfie. Wajahnya yang imut dan cantik ( pasti kepedean dia loe baca ini ) sering kali jadi korban dari keisengan temen – temen cowok di kelas, seperti pelecehan sexsual, kasian sih gw liatnya tapi gw g berani buat nglawan mereka, ya iyalah satu lawan preman satu kelas,,, bisa bonyok gw.

3 tahun sudah kita bersekolah di SMP itu, susah seneng sudah kita rasain bar – 4, meskipun gw cowok satu – satunya di gang itu, tp gw bersyukur punya sahabat seperti mereka, kini tiba saatnya untuk kita semua harus meninggalkan sekolah ini, hasil Ujian Nasional sudah keluar di papan Mading, dan siapapun yang namanya tertera di dalam kertas tersebut maka dia harus meninggalkan sekolah dari ratusan nama – nama tersebut terdapat pula nama kami ber – 4, senang karna kita sudah lulus, sedih karna kita harus berpisah, apakah kita masih sahabatan meski kita beda sekolah ?? pertanyaan itulah yang menghantui kita,

Ira melanjutkan sekolah di SMA yang baru di bangun di desanya bersama murtini, fitriana melanjutkan sekolah di kota, sedangkan gw ? gw tidak melanjutkan sekolah karna foktor ekonomi. Tapi gak apa – apalah sudah menjadi takdir, sejak mereka masuk SMA, sejak itu pula gw tidak pernah mendengar kabar mereka, hingga pada akhirnya gw hijrah ke luar provinsi yang sangat jauh dari pulau jawa, baru gw dapat kabar dari mereka, namun kabar yang gw dapat bukanlah kabar yang bisa membuat gw senang namun sebaliknya, kesedihanlah yang gw rasakan ketika murtini bilang ke gw jika ira sudah pindah ke Riau dan fitriana hamil di luar nikah karna suatu tragedi. Kabar itu membuat gw drop.

Setelah dengar ira pindah ke riau gw mulai mencari – cari  kontaknya mulai aku membuat akun facebok dengan harapan gw bisa ketemu dia di fb, dan alhasil gw bisa nemuin dia setelah 6 tahun kemudian, meskipun dengan setatus yang berbeda, dia sudah menjadi istri orang dan menjadi ibu dari anak laki- laki itu, padahal dulu gw inget banget saat dia bilang “ suka sama gw sejak SMP “ karna dia tau kalau gw suka sama murtini makanya dia memilih untuk diam dan menyimpan perasaan itu, tapi sayangnya tini gak suka ma gw ( malang kali nasib awak ).

Murtini, Fitriana, dan Ella Ira Wati kini sudah berkeluarga dan masing – masing memiliki jagoan – jagoan dan putri – putri yang lucu ( gw kapan ?? ToT ), meskipun gw lupa nama – nama dari anaknya mereka tapi mereka tetap ponakan gw, sekarang kita sudah terpisah sangat jauh, sebagian di indonesia dan sebagian lagi ada di luar negeri, tentunya dengan perubahan – perubahan yang sangat mencolok di berbagai aspek.

Gw harap suatu saat kita bisa berkumpul lagi seperti yang dulu tentunya dengan keluarga kita masing – masing, amiiinn !!!!

Sengaja di tulisan gw kali ini gak gw tulis cerita sedihnya karna menurut gw kenal dengan kalian smua adalah sebuah kebahagian dan jauh dari kalian adalah sebuah kesedihan tiada ujung hingga kita di pertemukan lagi.

Nama gw Anggi Kusuma Putra, dan itulah kisah gw bersama sahabat – sahabat gw. Gw sayang kalaian smua,,, miss you all !!!! 

1 komentar:

  1. june 3, 2020... i don't know...apa yg tiba2 ngebawa gue kesini. Gue masih inget... di surat itu ..loe pakek nama RAKA 😆
    thanks buat tulisan ini Nggi.... udah bikin gue ketawa...sedih ..seneng...rindu dalam satu waktu.... take care ~
    ~Murtini

    BalasHapus

Copyright © 2013 CORETAN KU